Apa itu Jerawat, Penyebab, Cara Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya – Dibahas dengan Lengkap A-Z

Apa itu Jerawat

Jerawat diartikan sebagai suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Jerawat dapat muncul pada beberapa bagian tubuh. Antara lain pada area wajah, leher, punggung, dada, bahu dan lengang atas.

Jerawat tersebut bisa berupa benjolan kecil ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga muncul bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Nah, jerawat yang tergolong parah biasanya akan meninggalkan bekas luka.

penyebab jerawat

Tanda – Tanda Munculnya Jerawat

Kita dengan mudah bisa mengetahui kapan munculnya jerawat dengan melihat tanda-tandanya. Antara lain :
– Kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik,
– kulit terasa panas dan sakit saat disentuh.

Selain munculnya bintik-bintik, kulit juga menjadi berminyak saat kita berjerawat, bahkan bisa terasa sakit atau panas apabila disentuh.

6 Jenis Jerawat yang harus Anda Tahu

Ada enam jenis bintik jerawat antara lain :

  1. papula,
  2. pustula,
  3. komedo hitam,
  4. komedo putih,
  5. nodul, dan
  6. kista.

Papula
Papula adalah jerawat kecil yang menyakitkan. Ukurannya kecil dengan warna merah dan memiliki tekstur lunak

Pustula
Pustula adalah jerawat kecil yang pada diujungnya terdapat penumpukan nanah.

Komedo hitam
Komedo hitam adalah bintik berwarna hitam yang muncul di area sekitar hidung. Warna hitam yang muncul bukan berasal dari debu atau pun kotoran, namun dari pigmentasi yang terjadi di dalam lapisan pada folikel rambut.

Karakteristik jerawat komedo hitam, yang terjadi sumbatan folikel tersebut akan membuka pori-pori kulit.

Komedo Putih
Komedo putih adalah jerawat yang memiliki tekstur yang lebih keras. Hal ini disebabkan karena akumulasi sebum yang mengeras di dalam pori-pori kulit.

Jerawat komedo putih, sumbatan folikel tersebut berada tidak jauh di bawah permukaan kulit dan menciptakan benjolan.

Nodul
Nodul adalah benjolan besar yang terbentuk di balik permukaan kulit dengan tekstur keras dan terasa menyakitkan.

Kista
Kista adalah jerawat yang berukuran besar, namun berisi nanah. Sekilas kista tampak seperti bisul. Biasanya jerawat kista dapat meninggalkan bekas luka permanen di wajah setelah sembuh.

Nodul dan kista ini termasuk kategori jerawat parah.

Jerawat biasa pun sebaiknya segera dilakukan pengobatan dan selalu menjaga kebersihan agar bakteri penyebab jerawat tidak semakin menginfeksi folikel rambut yang tersumbat. Karena jika dibiarkan bisa berkembang berkembang menjadi jerawat yang parah seperti terjadinya pustula, papula, nodul, dan kista.

kapan jerawat muncul di wajah

Kapan Munculnya Jerawat?

Usia pubertas pada wanita dan pria di usia remaja 14-19 tahun rentan untuk mengalami penyakit jerawat. Terutama menyerang di wajah. Jerawat muncul lebih parah diwajah, apabila memiliki jenis kulit berminyak.

Meskipun demikian jerawat juga sering muncul terutama pada wanita dengan perbandingan 5x lebih banyak terjadi dibandingkan pada pria di usia pertengahan 20-an tahun.

Jerawat sering muncul karena perubahan hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita sehingga memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak sebaceous gland untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

Jerawat sering terjadi mereka yang menjelang dan saat menstruasi, jerawat terjadi pada trisemester pertama kehamilan, Jerawat datang pada saat menggunakan pil kb dan juga jerawat menjadi ada dikala stress.

Faktor Penyebab Jerawat

Faktor utama penyebab jerawat muncul adalah ketika folikel rambut tersumbat oleh percampuran sel kulit mati, kotoran, dan sebum.

Sebum adalah zat yang diproduksi kelenjar minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit.

Percampuran antara sel kulit mati, kotoran dan sebum akan menjadikan datangnya bakteri penyebab jerawat yang akan menginfeksi dan menjadikan peradangan pada daerah sumbatan tersebut.

Tersumbatnya pori-pori dengan banyaknya sebum dan sel kulit yang mati akan merangsangng datangnya bakteri Propionobacterium acnes penyebab jerawat berkembang dengan cepat.

Bakteri penyebab jerawat ini akan melepaskan zat iritan yang akan mengiritasi kulit. Efeknya kulit menjadi memerah dan membengkak. Jika sudah semakin parah jerawat yang sudah meradang tadi akan timbul nanah di balik kulit.

Perlu diketahui :
Menempelnya sebum pada pori-pori yang tersumbat pada kulit, maka akan susah dibersihkan jika terjadi penebalan pada lapisan dalam folikel rambut karena disebabkan perubahan kadar hormon.

Penggunaan kosmetik.

Penyebab jerawat selain karena perubahan hormon, yang paling sering terjadi pada wanita remaja yang memasuki usia dewasa adalah karena tersumbatnya folikel rambut dikulit karena penggunaan kosmetik setiap hari. Tanpa jeda, kulit wajah yang selau tersapu dengan bubuk, bedak kosmetik akan menjadikan sel kulit di wajah stress karena kesulitan untuk bernafas. Akibat kekurangan oksigen makan akan memperparah kondisi kulit wajah dan menjadikan jerawat lebih mudah muncul.

Gesekan Material

Terjadinya peradangan ini karena gesekan atau tekanan terus-menerus yang diakibatkan dari material yang digunakan. Seperti penggunaan ikat kepala terus menerus dan seringnya menggunakan ransel dipunggung untuk aktivitas sehari-hari.

Kecanduan merokok.

Merokok menjadikan kulit wajah terpapar radikal bebas. Kulit wajah makin menua dan stress. Jerawat pun lebih mudah muncul.

Stres.

Hormon kortisol naik, metabolisme tubuh berubah. Secara keseluruhan mengakibatkan sistem tubuh tidak bekerja normal. Efeknya produksi kelenjar minyak menjadi semakin bertambah. Walhasil jika tidak dimbangi dengan selalu menjaga kebersihakn wajah otomatis jerawat menjadi lebih mudah muncul.

Efek samping obat-obatan.

Munculnya jerawat tak lain juga bisa disebabkan karena konsumsi obat-obatan seperti: lihium, steroid, dan antiepilepsi. Tahukah Anda bahwa ternyata konsumsi suplemen vitamins B2, B6, dan B12 juga dapat menyebabkan munculnya jerawat sebagai efek samping.

Keturunan.

Faktor keturunan berupa orang tua yang ternyata memiliki jerawat parah, maka biasanya akan menurun kepada anaknya. Bahkan bisa menjadi lebih parah. Terutama bagi mereka yang masuk di usia pubertas. Hormon pemicu munculnya jerawat lebih aktif dan lebih banyak diproduksi oleh tubuh.

Memencet Komedo

Memencet komedo terutama dibagian hidung adalah keasyikan tersendiri. Namun, tahukah Anda bahwa cara menghilangkan jerawat tersebut hanya akan membuat jerawat menjadi semakin parah. Bahkan jika semakin keasyikan dalam memencetnya dapat meninggalkan bekas luka.

Pola Makan

Pola makan yang buruk dengan tinggi gula dan karbohidrat adalah pemicu utama munculnya jerawat, apalagi ditambah dengan konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Bukan saja jerawat itu lebih mudah muncul di wajah, namun sakit seperti stroke, darah tinggi, diabetes dan obesitas akan rawan terjadi akibat pola makan yang salah.

Gaya Hidup

Begadang atau sering tidur larut malam akan mejadikan metabolisme tubuh terganggu. Tidak sesuai dengan sirkardian tubuh sebagaimana seharusnya bekerja. Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur / rutin. Ingat. Ternyata olaharga 1 minggu sekali tidaklah cukup untuk memuat metabolisme tubih kita menjadi lebih baik.

Faktor Keturunan menjadikan jerawat menjadi paling susah untuk disembuhkan selain faktor hormonal.

cara mengobati jerawat

Pemeriksaan dan Pengobatan Jerawat oleh Dokter

Diagnosis jerawat

Untuk mengobati jerawat Anda yang semakin parah, sebaiknya segera langsung datang ke dokter ahli kulit. Bisa di Rumah Sakit atau Klinik Dermatology. Dokter Anda akan mampu melakukan diagnosis jenis jerawat Anda, tingkat kerusakan di wajah yang diakibatkan jerawat, hingga penentuan terapi dan pengobatnnya.

Dokter ahli penyakit kulit Anda akan melihat jerawat Anda secara makro dan mikro, menyentuhnya untuk mengetahui tekstur dan tingkat kekerasanya. Bahkan jika perlu akan mengambil sampel kulit wajah yang berjerawat untuk diteliti / diperiksa lebih lanjut.

Dokter kulit Anda, biasanya akan melakukan tindakan berupa pembersihan jerawat yang meradang dengan cairan antiseptik untuk mematikan bakteri penyebab jerawat dan melokalisir munculnya jerawat baru yang kemungkinan dapat tumbuh pada area disekitarnya.

4 Tingkat Keparahan Jerawat

Perlu dicatat ada 4 tingkatan untuk mengukur keparahan suatu jerawat. Yakni:

  • ringan,
  • menengah,
  • cukup parah, dan
  • parah.

Jerawat Ringan
Jerawat ringan biasanya tumbuh hanya sebatas komedo putih atau hitam dengan sedikit papula dan pustula.

Jerawat Menengah
Jerawat menengah terdapat sejumlah papula dan pustula yang umumnya muncul pada wajah saja.

Jerawat Cukup Parah
Jerawat cukup parah muncul adanya papula dan pustula yang terbilang banyak, termasuk jerawat yang muncul pada bagian dada dan punggung.

Tingkat keparahan ini juga ditandai dengan munculnya beberapa nodul.

Jerawat Parah
Jerawat yang sudah parah adalah munculnya pustula dan nodul yang terlihat memenuhi berbagai bagian tubuh yang disertai rasa sakit.

Setelah Dokter Anda memeriksa Jerawat Anda secara langsung, maka dokter kulit akan menanyakan beberapa hal penting terutama riwayat pengggunaan obat-obatan atau suplemen yang pernah Anda konsumsi. Hal ini digunakan untuk menegakkan diagnosis secara pasti apakah pemicu jerawat yang muncul di wajah Anda karena efek samping penggunaan obat-obatan yang pernah anda konsumsi di masa lalu.

Jangan salah, seorang dokter pun akan melakukan pemeriksaan lanjutan jika dirasa perlu seperti perlunya melakukan tes darah dan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah jerawat tersebut disebabkan sindrom ovarium polikistik yang menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon dan berimbas pada munculnya jerawat tersebut.

obat jerawat dokter

Obat Jerawat Dokter

Mengobati jerawat tidak bisa serta merta sembuh dalam waktu singkat. Banyak kasus dalam pengobatannya membutuhkan waku berbulan bulan hingga tahunan untuk bisa sembuh total.

Untuk Anda yang mengalami jerawat ringan seperti munculnya bintik-bintik, komedo putih, dan komedo hitam, maka mengobatinya cukup menggunakan krim atau gel yang mengandung benzoil peroksida. Obat jerawat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotik tanpa perlu menggunakan resep dokter.

Jika penyakit jerawat Anda termasuk parah biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik topikal, retinoid topikal, pil KB kombinasi untuk wanita, tablet isotretinoin, tablet antibiotik, dan asam azelaic. Semua obat jerawat tersebut harus dalam pengawasan dokter dan hanya bisa diperoleh dengan resep.

Jenis-Jenis Obat Jerawat Dokter

Mengobati Jerawat dengan Retinoid Topikal

Retinoid topikal selain mampu mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak, ia juga efektif untuk mencegah tersumbatnya folikel rambut oleh sel-sel kulit yang mati.

Obat jerawat retinoid topikal seperti tretinoin dan adapalene bisa dipakai sekali sebelum tidur, yaitu 15-20 menit setelah mencuci wajah. Bentuknya krim dan gel.

Penting
Sebelum memakai obat ini, bagi wanita hamil, retinoid topikal bisa menyebabkan cacat lahir. Penggunaan obat ini jangan sampai terkena paparan paparan sinar ultraviolet matahari yang berlebihan karena akan menyebabkan kulit teriritasi.

Paling lama pengobatan jerawat dengan retinoid topikal hanya boleh digunakan maksimal 6 minggu. Untuk hasil yang efektif dokter Anda akan mengkombinasikan dengan dapsone. Namun efek samping yang ditimbulkan biasanya kulit menjadi kering dan kemerahan.

Mengobati Jerawat dengan Benzoil Peroksida

Cukup efektif untuk menghilangkan jerawat dengan benzoil peroksida ini karena kandungannya dapat mencegah kulit mati menyumbat folikel rambut dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Penggunaan obat cukup pada area yang berjerawat dengan rentang penggunaan maksimal 20 menit, kemudian cuci muka.

Obat jerawat benzoil peroksida tersedia dalam bentuk gel dan krim. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi.

Efek samping yang ditimbulkan antara lain seperti gatal, menyengat, dan panas di kulit. Kulit yang mengeras dan mengering, kemerahan dan mengelupas juga bisa terjadi.

Jika Anda menggunakan benzoil peroksida sebagai obat jerawat, usahakan jangan langsung terkena sinar matahari karena kulit Anda akan mudah terititasi / sensitif.

Obat ini juga memiliki efek memutihkan, sehingga cukup disenangi bagi mereka yang juga ingin mencerahkan kulit wajah.

Penggunaan obat jerawat benzoil peroksida hanya diperbolehkan dalam waktu 6 minggu. Untuk mensegah jerawat datang kembali, gunakan seperlunya dan tidak boleh terlalu sering.

Mengobati Jerawat dengan Asam Azelaic

Untuk menghilangkan jerawat tanpa perlu perlu khawatir jika kulitnya terpapar sinar matahari, Anda bisa menggunakan Asam Azelaic.

Meski demikian obat ini tetaplah punya efek samping meski ringan yakni kulit kemerahan dan kering. Beberapa pasien mengeluhkan gatal, panas, atau perih dibagian kulit.

Sediaan obat jerawat Asam azelaic ada dalam gel / krim. Dosis penggunaan dua kali sehari atau cukup satu kali sehari untuk mereka yang memiliki kulit wajah sensitif.

Obat jerawat ini tidak instant hasilnya. Satu bulan pemakaian baru akan terasa hasilnya.

Mengobatai Jerawat dengan Antibiotik Topikal

Antibiotik topikal ini mampu membunuh bakteri pada kulit yang menginfeksi folikel rambut yang tersumbat.

Beberapa efek samping yang dilaporkan antara lain : kulit kemerahan dan terasa panas, kulit mengalami iritasi ringan, dan kadang-kadang mengelupas. Meski hal ini jarang dilaporkan. Bentuk obat ini berupa cairan.

Hati-hati mengobati jerawat dengan antibitik topikal. Penggunaan dalam jangka waktu lama hanya akan menyebabkan bakteri penyebab jerawat menjadi kebal sehingga infeksi bisa saja bertambah dan jerawat semakin parah.

Pengobatan 2x sehari dan maksimal penggunaan obat hanya 6 minggu. Sesudahnya harus dihentikan.

Tablet Antibiotik Untuk Mengobati Jerawat yang Lebih Parah.

Biasanya jika jerawat sudah meradang dan terlihat sangat parah, dokter Anda akan meresepkan berupa tablet antibiotik yang harus Anda minum. Reaksi jerawat Anda akan membaik biasanya dibutuhkan waktu dalam enam minggu pengobatan. Namun semua itu tergantung reaksi dari masing-masing pasien.

Tidak jarang jerawat menjadi berkurang setelah pengobatan dalam waktu 4 hingga 6 bulan.

Ada obat jerawat resep dokter yang manjur untuk mengobati jerawat parah. Namanya tetrasiklin yang harus ditebus dengan resep dokter.

Obat ini tidak boleh diberikan kepada wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Untuk Anda yang sedang hamil atau menyusui, dokter kulit Anda akan meresepkan eritromisin sebagai antibiotik untuk jerawat Anda karena lebih aman untuk dikonsumsi.

Efek samping tetrasiklin sebagai obat jerawat yakni akan menjadikan kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet matahari. Pil kontrasepsi yang Anda konsumsi pun akan menjadi kurang efektif selama beberapa minggu pertama pengobatan. Biasanya dokter Anda akan menyarankan menggunakan kondom selama pengobatan jerawat.

obat penghilang jerawat

Menghilangkan Jerawat dengan Anti Androgen

Senjata pamungkas dokter apabila jerawat Anda tetap tidak bisa sembuh meski telah diberi antibiotik, maka pemberian antiandrogen kemungkinan akan dipertimbangkan.

Obat ini bekerja dengan cara menghalangi efek androgen pada kelenjar sebaceous. Contoh obat androgen adalah spironolactone.

obat jerawat lain yang berbentuk tablet yakni Isotretinoin yang berfungsi mencegah tersumbatnya folikel rambut dan menurunkan jumlah bakteri pada kulit.

Isotretinoin juga dapat mengurangi produksi sebum di kelenjar kulit. Selain itu juga dapat meredakan bengkak di dalam bintik jerawat dan mengurangi kemerahan di sekitar kulit yang telah terinfeksi.

Pengobatan menggunakan isotretinoin membutuhkan waktu 4-6 bulan agar terlihat hasilnya.

Jangan panik, karena pada waktu 7-10 hari pertama pengobatan, jerawat Anda akan terlihat semakin menyebar. Kondisi semacam ini dianggap normal pada masa awal pemakaian.

Efek samping penggunaan isotretinoin sebaga obat jerawat antara lain:

  1. Perubahan kadar gula dalam darah.
  2. Peradangan, kekeringan, dan keretakan yang terjadi pada kulit, bibir, serta sekitar lubang hidung.
  3. Adanya darah pada urine.
  4. Blepharitis atau radang kelopak mata.
  5. Konjungtivitis atau radang serta iritasi mata.
  6. Berubahnya mood / suasana hati seperti perasaan tertekan, cemas, agresif, atau perasaan ingin melakukan bunuh diri.li>
  7. Resiko terkena penyakit ginjal, radang pankreas, dan hepatitis atau radang hati.
  8. Kelainan janin yang dilahirkan pada wanita hamil. Termasuk akan berpengaruh buruk jika obat ini diberikan kepada ibu yang sedang menyusui.

Untuk amannya jangan mau menggunakan isotretinoin sebagai obat anti jerawat karena efek samping yang ditimbulkan. Usahakan selalu melakukan tes kehamilan sebelum melakukan pengobatan jerawat untuk menghindari resiko yang lebih parah terutama mengenai kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Kabarkan pada dokter kulit Anda ketika pertama kali memeriksakan jerawat Anda bahwa Anda sedang hamil sehingga resiko karena pemberian obat-obatan antibiotik tinggi dan pengendali hormon tidak diberikan.

Ingat, jerawat juga sering muncul pada wanita yang sedang menjalani terapi hormon seperti pengobatan sindrom ovarium polikistik.

Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Menghilangkan jerawat tidak selalu dengan meresepkan obat. Beberapa diantaranya dengan menggunakan Tekni berikut.

Chemical peels.
Metode chemical peels ini, menggnakan asam salisilat untuk mengelupaskan kulit yang berjerawat dengan tujuan menumbuhkan lapisan kulit baru.

Ekstraktor komedo
Metode ekstraktor komedo lebih menekankan untuk menghilangkan komedo.

Injeksi steroid
Tujuan injeksi steroid ini adalah menghilangkan jerawat nodul dan kista.

Penggunaan teknik ini dokter tidak perlu lagi melakukan operasi jerawat Anda, melainkan hanya menyuntikan obat-obatan steroid pada kulit yang berjerawat.

Fotodinamik
Melalui metode fotodinamik ini, bakteri penyebab inflamasi pada jerawat dibunuh dengan menembakkan sinar.

Efek Samping Obat Jerawat

Inilah Efek Samping Pengobatan Jerawat dengan Bahan Kimia. Antara lain:

  • Pembengkakan pada wajah, mata, bibir, atau lidah.
  • Radang tenggorokan dan sesak napas.
  • Pingsan.

Untuk pengobatan jerawat, seorang dokter kulit / dermatolog akan meresepkan dengan dosis yang rendah terlebih dahulu. Hal ini penting karena reaksi dan sensitifitas setiap pasien berbeda-beda. Contohnya dalam penggunaan produk yang mengandung konsentrat benzoil peroksida.

Mengapa? karena dalam dalam bidang industri, konsentrat benzoil peroksida tersebut digunakan sebagai bahan pemutih pakaian.

Komplikasi jerawat

Jika jerawat semakin parah dan cenderung menimbulkan terjadinya komplikasi berupa bekas luka, segera hubungi dokter spesialis agar dapat diambil tindakan untuk mengendalikan jerawat Anda.

Pengobatan jerawat pada setiap orang berbeda. Ada yang cepat, namun ada yang lambat. Semua itu membutuhkan kesabaran. Jangan karena pingin segera lekas sembuh, tangan Anda gatal dengen memencet jerawat terlalu sering karena hanya akan menimbulkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Rata-rata jerawat bisa sembuh total membutuhkan waktu 3-6 bulan masa pengobatan.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

Jaringan parut atau kita kenal sebagai bekas luka adalah hal utama yang sering terjadi pada mereka yang berjerawat. Istilah medisnya disebut komplikasi.

Ada tiga jenis jaringan parut pada kasus jerawat. Yakni:

  • Jaringan parut yang terbentuk di balik kulit dan menyebabkan permukaan kulit menjadi tidak merata.
  • Jaringan parut yang berbentuk lonjong atau menyerupai kawah.
  • Jaringaan parutdengan bentuk berlubang menyerupai bekas tusukan jarum.

Jenis jerawat yang sering meninggalkan bekas / memunculkan jaringan parut adalah jerawat yang berbentuk nodul dan kista.

Hal ini karena jaringan parut muncul karena jerawat yang pecah akibat dicabut atau ditekan secara sengaja.

Pengobatan Jaringan Parut Bekas Jerawat

Pengobatan bekas jerawat tidak bisa menghilangkan 100% bekas luka, namun hanya bisa untuk menyamarkan. Jika Anda ingin melakukan operasi untuk menghilangkan bekasnya ini, maka paling tidak sel kulit wajah hanuya bisa diperbaiki sekitar 50-70% saja.

dermabrasi menghilangkan bekas jerawat

Bedah Plastik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Beberapa jenis bedah kosmetik yang populer, antara lain:

Bedah dermabrasi.
Operasi bedah dermabrasi ini dilakukan dengan cara mengangkat lapisan terluar kulit dengan menggunakan laser atau sikat kawat khusus.

Kulit wajah hasil operasi akan terlihat merah dan terasa sakit selama beberapa waktu.

Subcision
Bedah ini, dokter akan mengangkat lapisan terluar kulit beserta jaringan parut yang ada di bawahnya. Pemisahan ini akan mengakibatkan darah bergumpal di area tersebut dan membentuk jaringan ikat. Nah, jaringan ikat inilah yang akan meratakan jaringan parut dengan permukaan kulit lainnya.

Untuk hasil operasi yang lebih baik / sempurna. Dokter Anda akan melakukan bedah laser atau dermabrasi setelah melakukan operasi subcision.

Laser.
Bedah laser ini bisa digunakan untuk mengobati bekas jerawat yang ringan hingga menengah. Pengobatan laser dibagi menjadi dua, yaitu pengobatan laser ablatif dan nonablatif.

Laser ablatif, digunakan untuk mengangkat bagian kecil kulit di sekitar jaringan luka untuk memproduksi kulit baru yang terlihat lembut.

Laser nonablatif, digunakan untuk merangsang tumbuhnya kolagen baru atau sejenis protein kulit yang berguna untuk memperbaiki penampilan dan kerusakan akibat adanya bekas luka.

Punch Technique
Punch technique adalah cara mengobati jaringan parut berjenis ice pick dan boxcar.
Teknik pukulan ini ada tiga, yaitu:

  • punch excision,
  • punch elevation, dan
  • punch grafting.

Punch elevation
Teknik ini digunakan untuk mengobati bekas jerawat berbentuk boxcar agar nyaris tidak terlihat. Caranya adalah menyingkirkan dasar luka melalui bedah. Sisi luka kemudian ditarik atau diangkat agar sejajar dengan permukaan kulit.

Punch excision
Teknik ini digunakan untuk mengobati jaringan parut ice pick yang masih masuk kategori ringan. Caranya adalah dengan menyingkirkan bekas luka dan menutupnya. Ketika sembuh nanti, kulit terlihat lebih halus dan rata pada area yang dibedah tersebut.

Punch grafting
Teknik ini digunakan untuk mengobati jaringan parut ice pick yang tergolong sangat dalam. Caranya bekas luka ditambal dengan cangkok atau graft dari kulit bagian tubuh lain, misalnya kulit dari belakang telinga.

—-

Nenek moyang kita sudah sejak lama menggunakan bahan tradisional untuk mengatasi masalah kecantikan wajahnya. Bahkan kecantikannya telah tersohor hingga ke negeri manca. Untuk membahasnya, mari kita simak tulisan berikut ini.

Rahasia Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cara Alami.

sumber: alodokter.com, webmd.com, medicinet.com, wikipedia.com, acne.org, patient.info

Related Post

Review Argan Oil untuk Wajah. Merk Apa Sih yang Ba... Jika Anda saat ini penasaran dengan kualitas dan khasiat dari minyak argan dan ingin mencari review argan oil untuk wajah, maka Anda bisa melihat test...
Merk Argan Oil yang Bagus itu Apa Ya? Ini Dia Sala... Jika Anda saat ini sedang mencari merk argan oil yang bagus, maka Anda tidak salah tempat. Ya, karena madre argan oil langsung di import dari maroko. ...
Beginilah Cara Memutihkan Wajah secara Alami, yang... Anda perlu tahu bagaimana cara memutihkan wajah dengan alami yang aman dan mudah digunakan untuk dirumah. Tahukah Anda bahwa memiliki kulit wajah y...
Madre Face Oil: Harga, Kandungan dan Manfaatnya un... Madre Face Oil diformulakan untuk mereka yang memiliki kulit wajah sensitif yang aman digunakan untuk perawatan sehari-hari tanpa khawatir akan mengal...