Kenapa Setelah Melahirkan Kulit jadi Hitam Kusam?

Banyak yang resah, terutama para ibu muda yang habis melahirkan kok kulitnya menjadi lebih hitam dan kusam.

Ketahuilah bahwa kulit adalah bagian tubuh kita yang elastis, yang kerjanya berikatan dengan banyak hal lainnya seperti hormon, aktivitas dan kebiasaan.

kulit kusam kering setelah melahirkan

Berikut ini Beberapa Masalah Kulit yang Muncul setelah Melahirkan

  1. Melasma
    Melasma dikenal juga sebagai ‘topeng kehamilan’. Wujudnya kulit di area wajah seperti dahi, pipi dan sekitar mulut berwarna lebih gelap dari bagian lain.Biang keladinya adalah sering terpaparnya ibu hamil terhadap sinar UV (matahari), Adanya faktor genetik dan tak kalah pentingnya meningkatnya hormon esterogen dan progesteron.

    Untuk beberapa kasus hiperpigmentasi bisa memudar namun tidak akan hilang sepenuhnya. Untuk mengobatinya, bisa menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30. Jika bepergian usahakan pakai payung atau topi. Kurangi kontak dengan sinar matahari secara langsung.

    Jika melesma sudah terbentuk di wajah, tips dari Holly Sherrad, seorang education manager di International Dermal Institute, Kanada, dapat dipakai. Yakni : gunakan krim wajah yang mengandung kojic acid. Namun apabila saat ini sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan dengan dokter keluarga Anda.

    Pilihlah krim wajah yang mengandung vitamin C, E dan A.

    Selalu lakukan peeling saat malam menjelang tidur untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses pengelupasan kulit, agar segerea muncul sel kulit wajah baru yang lebih sehat. Aktivitas ini aman untuk ibu menyusui.

  2. Jerawat
    Perubahan hormon menjadi pemicu munculnya jerawat di wajah ibu hamil. Utamanya hormon Androgen. Meningkatnya hormon progesteron dan esterogon yang tidak stabil juga menjadi salah satu faktor produksi sebum meningkat sehingga rawan bagi pori-pori kulit wajah menjadi tersumbat.

    Bagian yang berjerawat untuk ibu hamil biasanya terletak pada wilayah bawah wajah dan leher. Rata-rata bentuk jerawat berupa benjolan merah.Cara mengatasi masalah jerawat setelah melahirkan biasanya memakai produk yang mengandung benzoyl peroksida yang mampu menembus pori-pori yang tersumbat dan membersihkan kotoran-kotoran di dalamnya.

    Zat kimia ini katanya aman untuk ibu menyusui. Namun, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit.

  3. Pembuluh Vena
    Permukaan kulit seperti sarang laba-laba setelah melahirkan. Hal ini juga dipicu adanya peningkatan sirkulasi darah dan hormon. Kebanyakan muncul di daerah cupang hidung, pipi, leher dan tubuh bagian atas.

    Dibutuhkan waktu 4 hingga 6 bulan setelah proses melahirkan untuk menghilangkan pembuluh vena yang nampak ini. Cara mengatasinya, yakni gunakan ekstrak raspberry merah atau produk yang ada kandungan bioflavinoid untuk memperkuat pembuluh vena.

    Anda bisa menggunakan minyak zaitun maupun emolien seperti shea butter agar kulit Anda tetap halus. Aman banget buat ibu menyusui.

  4. Kulit Kering & Mengelupas
    Saat hamil bahkan setelah melahirkan hormon tubuh masih belum seimbang. Apalagi dalam keadaan menyusui. Biasanya masalah wajah yang lain adalah kulit menjadi lebih kering dan mengelupas.

Hal ini karena kulit terhidrasi. Anda bisa gunakan madre argan oil untuk mengatasi masalah ini. Mengapa? coba baca : Fakta Argan Oil untuk Perawatan Wajah

Guna Madre Argan Oil selain digunakan untuk mengatasi flek hitam, sesungguhnya fungsi utama adalah untuk memberi nutrisi dan vitamin pada sel kulit wajah yang asupannya kurang karena perubahan hormonal yang cenderung naik turun saat habis melahirkan.

Selain itu Madre Argan Oil bagus digunakan sebagia pelembab alami yang aman digunakan jangka panjang untuk ibu hamil dan menyusui, membantu mengurangi peradangan. Bebas pewangi, bebas zat aditif, dan selalu memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Related Post

Cara Menetralkan Wajah untuk Ganti Kosmetik Dear sahabat cantik, jika Anda saat ini sedang mencari cara menetralkan wajah untuk ganti kosmetik, sebenarnya caranya bisa dibilang sama atau hampir ...
Cara Menetralkan Wajah dari Cream Dokter Jika Anda bingung bagaimana cara menetralkan wajah dari cream dokter, tenang nanti akan kami berikan langkah praktisnya. Mengapa Anda mencari tips ...
Review Argan Oil untuk Wajah. Merk Apa Sih yang Ba... Jika Anda saat ini penasaran dengan kualitas dan khasiat dari minyak argan dan ingin mencari review argan oil untuk wajah, maka Anda bisa melihat test...
Merk Argan Oil yang Bagus itu Apa Ya? Ini Dia Sala... Jika Anda saat ini sedang mencari merk argan oil yang bagus, maka Anda tidak salah tempat. Ya, karena madre argan oil langsung di import dari maroko. ...