Obat Jerawat Aman untuk Ibu Hamil

Jerawat akan muncul pada ibu hamil terutama di tri semester pertama.. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon Androgen. Hormon inilah yang bertanggung jawab untuk memproduksi lebih banyak minyak dan mengeluarkannya melalui pori-pori kulit wajah. Saat produksi minyak berlebih sesungguhnya bukan masalah jika saja kita selalu membersihkan wajah minimal 2x setiap hari. Namun, karena kesibukan adakalanya produksi sebum yang tinggi ditambah dengan penumpukan sel kulit mati di area tersebut dan adanya bakteri yang masuk, maka lengkaplah sarana untuk menjadikan jerawat muncul.

Adakah cara aman untuk mengatasi jerawat saat hamil?

Sesungguhnya jika jerawat Anda tidak begitu mengganggu penampilan, seyogyanya Anda tidak perlu risau untuk segera menggunakan obat-obatan penghilang jerawat saat hamil. Tahukah Anda bahwa penggunaan obat-obatan akan sangat sensitif terhadap janin di kandungan Anda. Jika salah memilih obat penghilang jerawat, saat kehamilan berlangsung bisa jadi Anda malah akan terasa was-was akan nasib si jabang bayi kelak.

Obat Jerawat yang Harus Dihindari untuk Dikonsumsi saat Hamil

obat-jerawat-yang-aman-untuk-ibu-hamil

Beberapa obat seperti uraian di bawah ini harus anda hindari :

  • Accutane
    Sekitar 25-35% dari bayi yang lahir mengalami kecacatan karena saat hamil sang ibu menggunakan obat jenis Accutane. Jenis kecacatan antara lain : kraniofasial, cacat jantung, dan terjadinya kerusakan sistem saraf pusat. Bahkan tidak jarang ada yang mengalami peningkatan risiko keguguran hingga kematina.
  • Retin-A
    Pada sebuah penelitian dikatakan bahawa Retin-A harus diwaspadai oleh ibu hamil karena kurang dari 10% ternyata Retin-A bisa masuk ke dalam aliran darah ibu hamil. Disinyalir bisa mencapai janin yang dikandung.
  • Tetrasiklin
    Pertumbuhan tulang menjadi terganggu termasuk adanya perubahan warna gigi janin jika ibu hamil nekad menggunakan tetrasiklin untuk menglobati jerawatnya. Jadi sebelum Anda menggunakan tetrasiklin, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda.

Cara Mudah Atasi Jerawat Selama Kehamilan

  • Untuk mengobati jerawat yang terjadi pada masa kehamilan, langkah terbaiknya adalah jangan sesekali menggunakan bahan kimia untuk mengatasinya.
  • Anda hanya perlu melakukan cuci muka dua kali sehari. Jika sedang melakukan pekerjaan berat dan berkeringat, Anda bisa mencuci muka sesudahnya. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadi penyebaran jerawat lebih parah.
  • Jika mengusap jerawat, usahakan jari Anda dalam keadaan higenis sehingga penyebaran bakteri bisa ditekan dengan maksimal.
  • Saat melakukan cuci muka diwajah yang berjerawat meskipun saat ini Anda hamil, carilah yang bebas minyak dan tidak mengandung bahan kimia.
  • Gunakaan air hangat, lap dengan handuk halus dan usap dengan lembut.
  • Untuk membantu sistem imun tubuh bekerja dengan baik, konsumsi vitamin B6 sangat dianjurkan. Kandungan Piridoxine dapat berperan dalam asam lemak, protein dan metabolisme.
  • Ibu yang sedang hamil dan berjerawat apabila kekurangan vitamin B6, maka proses proses penyembuhan jerawat menjadi lebih lama.
  • Meski Anda hamil, namun kegiatan olahraga ringan harus tetap dilakukan. Selain sehat, olahraga akan memperlancar metabolisme tubuh sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh akan menjadi lebih baik lagi.
  • Jangan suka memencet atau menggaruk jerawat yang sedang ranum, hal ini akan menjadi penyebab muncul bekas jerawat yang akan sulit hilang. Untuk mencegah jerawat semakin parah, Anda bisa menggunakan oil absorbing micro-fiber cloth yang berfungsi untuk produksi minyak saat Anda hamil.

Saat tips diatas telah Anda terapkan, namun tetap saja jerawat membandel, segera untuk datang ke dokter Anda untuk memperoleh obat jerawat yang aman untuk kehamilan Anda saat ini.

Related Post

Beginilah Cara Memutihkan Wajah secara Alami, yang... Anda perlu tahu bagaimana cara memutihkan wajah dengan alami yang aman dan mudah digunakan untuk dirumah. Tahukah Anda bahwa memiliki kulit wajah y...
Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Bahan Alami Kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat wajah yang berminyak dengan bahan alami, sebagaimana kita ketahui bahwa kulit yang berminyak itu di...
Cara Menetralkan Wajah dari Cream Dokter Jika Anda bingung bagaimana cara menetralkan wajah dari cream dokter, tenang nanti akan kami berikan langkah praktisnya. Mengapa Anda mencari tips ...
Review Argan Oil untuk Wajah. Merk Apa Sih yang Ba... Jika Anda saat ini penasaran dengan kualitas dan khasiat dari minyak argan dan ingin mencari review argan oil untuk wajah, maka Anda bisa melihat test...