Penyebab Alergi dan Iritasi dalam Menggunakan Cream Racikan untuk Perawatan Kecantikan

Banyak kaum wanita yang mengalami alergi dan iritasi ketika melakukan perawatan wajah dengan cream racikan perawatan kecantikan tertentu. Salah satu gejala yang timbul pada wajah mereka adalah Wajah menjadi merah, terasa panas, gatal-gatal dan kemudian muncul banyak jerawat.

Kasus semacam ini kemungkinan ada dua (2). Cream perawatan kecantikan yang digunakan kualitasnya tidak bagus, yang kedua cream racikan tersebut berkualitas namun wajah tersebut typenya hypersensitive terhadap bahan kimia sehingga mengalami alergi dan iritasi. Untuk kulit wajah hypersensitive memang secara genetis diturunkan dari orangtua yang memiliki type kulit wajah yang sama.

Apa Penyebab Alergi dan Iritasi bila Menggunakan Cream Racikan Perawatan Kecantikan Kulit?

iritasi pada wajah akibat cream racikan
iritasi pada kulit wajah akibat cream racikan

Apa itu alergi dan Apa itu iritasi Kulit?
System tubuh manusia memiliki antibodi yang kadarnya berbeda satu dengan yang lain. Nah, reaksi alergi yang muncul sesungguhnya adalah reaksi berlebihan oleh sistem imun tubuh kita (antibodi) sebagai respon atas rangsangan/masuknya benda asing tertentu (antigen).  Untuk orang yang memiliki alergi, respon imun ini secara genetis sangat berlebihan sehingga orang ini disebut hipersensitif, karena pada orang yang normal terpaparnya benda asing ini sebenarnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan reaksi negative setelah pemberian crem racikan.

Contoh penyebab alergi  antara lain serbuk sari, debu, jamur, dan protein dalam makanan tertentu.

Sedangkan iritasi yakni gejala yang muncul umumnya pada kulit atau selaput lendir berupa rasa panas, muncul ruam, gatal, atau kemerahan karena rangsang suatu zat. Bukan karena faktor genetis atau sistem imun tubuh.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa bila Anda mengalami iritasi, belum tentu itu alergi. Namun jika Anda memang punya alergi, Anda kemungkinan bisa mengalami iritasi.

Iritasi pada Kulit
Iritasi pada kulit atau dalam Bahasa kedokteran disebut Irritant contact dermatitis adalah iritasi yang terjadi ketika suatu bahan terutama cream racikan perawatan kecantikan merangsang kulit sehingga menyebabkan iritasi. Kasus ini biasanya muncul sebagai bercak gatal, bersisik atau ruam merah, tapi juga dapat berkembang menjadi melepuh berisi cairan. Apabila cairan yang gatal tadi digaruk dan tidak segera diobati, biasanya akan menyebabkan infeksi. Beberapa bagan wajah yang cenderung sensitif  dan berpotensi mengalami iritasi adalah bagian lapisan terluar kulit, seperti kelopak mata, area kulit kering atau pecah-pecah.

iritasi kulit sembuhkan dengan kosmetik alami
iritasi kulit wajah akibat kosmetik berbahaya

Alergi pada kulit
Alergi pada kulit atau istilahnya lebih dikenal sebagai Allergy contact dermatitis adalah orang yang alergi terhadap bahan atau ramuan bahan dalam suatu produk tertentu seperti cream, cairan, gel.

Gejala yang tampak adalah muncul ruam kemerahan, pembengkakan, gatal, dan timbulnya jerawat. Area yang sering terpapar alergi adalah wajah, bibir, mata, telinga, dan leher. Meskipun demikan kadang reaksi alergi juga dapat muncul ditubuh bagian yang lain.

Gejala alergi atau iritasi pada kulit dapat dilihat hanya dalam hitungan menit atau jam setelah penggunaan. Bisa juga dalam beberapa hari aau minggu baru kelihatan kalau kulit mengalami alergi atau iritasi.

Beberapa kasus yang terjadi kadang sensitivitas alergi terhadap produk tertentu terjadi setelah sekian tahun pemakaian produk tersebut. Misal kita menggunakan produk kecantikan merk A selama bebrapa tahun dan nyaman tidak ada reaksi negative, kemudian kita berhenti sementara waktu dan memakai produk A  lagi muncullah reaksi alergi. Itulah mengapa kulit wajah setiap saat mengalami peningkatan dan penurunan sensitivitas alergi.

Adakah Cara Aman untuk Mempercantik Wajah Secara Alami dan Ilmiah?
minyak-argan-iritasi-kulitMenurut penelitian seorang Ahli kulit / Dermatologis Gary Goldenberg seorang asisten professor dari Dermatology and athology di the Mount Sinai School of Medicine, menyatakan bahwa minyak argan / argan oil untuk penggunaan jangka panjang aman untuk digunakan dalam perawatan kulit terutama untuk mengobati jerawat wajah karena adanya kandungan tocopherols vitamin E yang terkadnung di dalam minyak argan tersebut.

Antioksidan yang ada dalam minyak argan merupakan penghancur radikal bebas yang bagus dan tentu saja adapat digunakan sebagai pelembab untuk orang yang memilki bekas luka, eksim dan kulit yang kering.

Minyak argan ini berasal dari Maroko, pilihlah minyak argan yang benar-benar murni tanpa bahan tambahan apapun, baik itu alcohol maupun parfum untuk efektifitasnya dan kandungan vitamin yang lebih tinggi sebaiknya menggunakan minyak argan yang dibuat dengan tekni cold processing.

Salah satu penjual minyak argan yang berkualitas bagus dengan sertifikasi ecocert (label kosmetik herbal) yang berkedudukan di Eropa adalah www.minyakarganmadre.com

Sudah banyak artis internasional yang menggunakan minyak argan ini untuk merawat kecantikan wajah mereka. Ada im Kadrasian, Eva Mendez, Gisele, Madonna, Katy Perry, Angelina Jolie, Jennifer Aniston, Salma Hayek, Kylie Minogue, dan masih banyak lagi…

Secara ilmiah minyak argan juga telah diteliti oleh para ahli kedokteran dan kesehatan dunia dan hasilnya telah dipublikasikan dibanyak jurnal internasional. Daftar Jurnal yang membahas minyak argan disini.

Untuk testimony pengguna minyak argan ini bisa dilihat di : www.minyakarganmadre.com/testimonial

Apakah Minyak Argan ini bisa digunakan untuk memperbaiki selain masalah jerawat, flek hitam dan kulit kering? Semisal untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak karena hipersensitif akibat pemakaian cream racikan perawatan kulit?

minyak argan yang bagus

Ya, minyak argan cukup membantu memperbaiki sel kulit yang rusak karena terpapar bahan kimia yang terkandung di dalam cream racikan. Proses pertamanya minyak argan akan mengeluarkan zat yang berbahaya tersebut melalui sel dan pori-pori kuli. Kedua, memperbaiki struktur sel yang rusak dengan memberikan asupan vitamin E (antiokdisan) yang kandungannya lebih tinggi 3x lipat daripada minyak zaitun. Asam Lemak Esensial akan bekerja menjaga kesehatan membran, dan mengatur kulit wajah tetap elastis dan lembab. Asam Linoleat & Oleat berfungsi sebagai anti peradagangan  pada wajah.  (radang itu bisa seperti kulit kemerahan dan kadang tumbuh jerawat merah. Kandungan  squaleneberfungsi untuk menyembuhkan luka sekaligus sebagai zat anti bakteri yang  berguna untuk mengobati jerawat.  Squalence juga dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan dini seperti keriput pada wajah teruatama sudut mata. Kandungan Polifenolnya adalah zat anti peradangan, anti septik dan melindungi kulit dari radikal bebas. Berguna untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sterol dan D-7 tigmatolnya dapat mencegah penuaan dini dan membantyu proses penyembuhan luka karena jaringan kulit wajah yang telah rusak.

Ingin tahu lebih dalam tentang minyak argan silahkan lihat disini.

Related Post

Cara Menetralkan Wajah untuk Ganti Kosmetik Dear sahabat cantik, jika Anda saat ini sedang mencari cara menetralkan wajah untuk ganti kosmetik, sebenarnya caranya bisa dibilang sama atau hampir ...
Cara Menetralkan Wajah dari Cream Dokter Jika Anda bingung bagaimana cara menetralkan wajah dari cream dokter, tenang nanti akan kami berikan langkah praktisnya. Mengapa Anda mencari tips ...
Review Argan Oil untuk Wajah. Merk Apa Sih yang Ba... Jika Anda saat ini penasaran dengan kualitas dan khasiat dari minyak argan dan ingin mencari review argan oil untuk wajah, maka Anda bisa melihat test...
Merk Argan Oil yang Bagus itu Apa Ya? Ini Dia Sala... Jika Anda saat ini sedang mencari merk argan oil yang bagus, maka Anda tidak salah tempat. Ya, karena madre argan oil langsung di import dari maroko. ...